Kecewa Sistem Pemesanan & Pelayanan Bhinneka.Com

hdd eksternal western digital my passport 1tbDua minggu yang lalu ketika storage macbook pro tinggal menyisakan space 15gb, saya memutuskan untuk hunting hdd eksternal. Pilihan saya jatuh ke Western Digital My Passport 1TB silver. Karena sudah sering transaksi jual beli di kaskus, iseng2 saya coba beli lewat situs webstore terkenal bhinneka.com untuk mencari sensasi berbelanja online yang baru.

Pelayanan Bhinneka tak Setenar Nama Besarnya

bhinnekadotcom
Pengalaman saya sebelumnya, belanja di situs terkenal lain, Blibli.com, transaksi cepet, barang langsung dikirim. Nah, berbekal pengalaman itu saya yakin kalau transaksi di bhinneka (yang notabene salah satu webstore terkenal di indonesia) akan demikian adanya. Namun ternyata, jauh panggang dari api. Percaya atau tidak, pesanan hdd eksternal saya dari mulai pesan sampai ke tangan memakan waktu dua minggu! Jauh dari perkiraan normal saya yang biasanya pengiriman hanya membutuhkan waktu 2-3 hari atau paling maksimal selambat-lambatnya 5 harian lah.

Berikut ini saya list secara urut permasalahan yang membuat saya agak jengkel dengan bhinneka sebelumnya:

  1. Hari sabtu, tanggal 5 Januari saya pesan online hdd wd my passport dan langsung saya transfer ke bhinneka siang itu juga. Padahal awalnya saya menyegerakan transfer supaya status pesanan segera aktif dan barang bisa diproses. Namun, nyatanya butuh waktu 3 hari (sampai selasa) hingga bhinneka mengkonfirmasi kalau saya sudah transfer dan status pesanan menjadi aktif. Apakah untuk konfirmasi transfer dari konsumen memang butuh waktu selama itu?
  2. Karena saya pesan hari sabtu dan kepotong hari minggu yang libur, saya pun maklum dan memperkirakan estimasi datangnya barang sekitar hari rabu-kamis. Nyatanya sampai hari jumat (11 januari) barang belum sampai. Saat saya coba email cs bhinneka jawaban cs malah barang yang saya pesan baru masuk tahap penyiapan untuk dikirim. Hei, selama kurun lima hari terhitung dari senin apa saja yang dilakukan bhinneka?

    email dari cs bhinneka

    email dari cs bhinneka

  3. Saya pun masih berfikir positif, dan memperkirakan barang akan dikirim antara hari sabtu – minggu (sudah terhitung seminggu sejak tanggal saya memesan). Dan akan sampai ditangan antara hari selasa-rabu. Saat hari rabu belum sampai juga, saya kembali coba email cs bhinneka. Dan apa jawaban mereka? lihat email dibawah ini.
    balasan email cs bhinneka

    balasan email cs bhinneka

    Bisa bisanya bhinneka bilang kalau stok produk yang saya pesan tidak tersedia alias kosong. Sudah lewat satu setengah minggu dan bilang kalau barang kosong? Padahal di website bhinneka tidak ada keterangan yang menunjukkan bahwa produk yang bersangkutan sedang kosong. What the hell!

  4. Karena saya sudah tidak sabar, pada hari kamis saya memutuskan untuk meminta refund dana ke rekening saya dan membatalkan pesanan.
  5. Jumat pagi keesokan harinya saya menerima konfirmasi refund dan dijanjikan agar dana segera masuk kembali ke rekening saya. Setelah ditunggu sampai sore hari, saya kembali mendapat email dari cs bhinneka yang lain bahwa barang sudah dipaketkan dan akan segera saya terima. Dan mereka membatalkan refund dana saya secara sepihak tanpa persetujuan terlebih dahulu.Disini saya merasa dipimpong dari satu cs ke cs yang lain dan berkesimpulan bahwa sistem penerima pesanan dan pelayanan customer di bhinneka sangat njelimet dan tidak singkron satu sama lain. Kalau sudah begini siapa yang dirugikan? tentu saja customer yang lelah menunggu.
  6. Hari sabtu tanggal 19 januari, Alhamdulillah akhirnya pesanan saya sampai. Walau sedikit menyimpan rasa jengkel juga dihati.

    western digital my passport

    western digital my passport 1tb

Beberapa kesimpulan yang dapat saya tarik diantaranya:

  • Bhinneka.com merupakan salah satu webstore terbesar dan terkenal di indonesia. Namun untuk pelayanan saya pribadi merasa tidak puas. Mungkin karena banyaknya order yang masuk dan jumlah cs yang kurang memadai (serta tidak saling tersingkronnya antara satu cs dengan cs yang lain) sehingga satu pesanan bisa ditangani beberapa cs yang berbeda2.
  • Bagi anda yang ingin membeli barang/piranti elektronik dan berkebutuhan mendesak, saya lebih menyarankan untuk membeli di toko terdekat atau kalau mau pesan online, dengan estimasi datangnya barang sekitar 2-4 harian lebih baik pesan  di situs ecommerce lain, seperti lazadda, blibli atau fjb kaskus (ini favorit saya).
  • Kalau memang anda tetap berniat untuk memesan di bhinneka, lebih baik tanyakan secara jelas dan gamblang apakah produk yang ingin anda pesan benar2 masih ada stok (tidak inden). Atau kalau perlu hubungi cs lewat telepon untuk menghindari jawaban email/sms yang bertele-tele.
  • Ternyata bukan hanya saya yang mengalami hal ini, tetapi juga banyak customer di luar sana yang kecewa dengan pelayanan bhinneka. Silahkan search di google dengan keyword ‘Kecewa Bhinneka’, anda akan mendapati banyak artikel/review yang menyoroti buruknya sistem di bhinneka serta testimoni-testimoni negatif lainnya. Walau tidak semua customer akan mendapat pelayanan seperti itu, tapi hendaknya bisa menjadi pertimbangan dua kali sebelum memesan barang di bhinneka.

Artikel ini saya tulis bukan bertujuan untuk mendiskreditkan atau menjelek-jelekan bhinneka, tapi murni sebagai ungkapan bahwa perusahaan yang sudah tenar sekalipun tidak menjamin akan memberikan pelayanan yang maksimal. Saya pun tidak akan menulis artikel ini kalau produk yang saya pesan seharga 200-400ribuan.

Akhir kata semoga review singkat diatas dapat bermanfaat dan menjadi pelajaran ke depan bagi bhinneka agar menjadi webstore dengan pelayanan yang lebih baik.

22 thoughts on “Kecewa Sistem Pemesanan & Pelayanan Bhinneka.Com

  1. ane sering lho order di bhinneka. so far siey ga ada keluhan…
    biasanya sebelom order, ane ajak chat CS-nya nanya ketersediaan barang.
    pernah beli barang sale & sampe agak lama sekitar 10 hari baru sampe dari tanggal pembayaran & konfirmasi. udah gitu aja……. well, daripada Multiply Indonesia siey jauh lebih responsif Bhinneka :)

  2. ane jg pernah beli powerbank, setelah sampai barangnya + dus agak kumal… awalnya ada dua pilihan antara bhinneka dan salah satu seler di surabaya. tp akhirnya jatuh ke bhinneka krn ane anggap punya nama besar. tp ternyata barang yg diterima…., entahlah

  3. Bro numpang share ya, buat (calon) pembeli maupun Bhinneka sendiri

    Saya sudah cukup sering memesan dari bhinneka dalam kurun 3-4 tahun sekali, Baik online, COD, datang langsung ke Gunung Sahari. Barang mereka sih OK ya secara umum, harga kalau lagi diskon sangat kompetitif (mereka sering diskon).

    Tapi CSnya Bhinneka itu lho, menjengkelkan. Apalagi yang bagian sales/pemesanan. E-mail itu rata-rata tidak pernah dibalas, (1:5 inbox banding sent item saya ke Bhinneka). Kalo support teknis dan CS Umum cukup responsif

    Sekalinya jawab hanya dibacakan ulang status tracking di web (saya juga sudah tahu), dan disuruh menunggu.

    Pernah yg live-chat itu lagi bicara ditinggal hampir 1 jam gak ada bilang apa-apa, balik-balik bilang maaf lg ke WC. saya sewot saya kirim aja e-mail ke CSnya beserta screenshot. Langsung atasannya turun tangan dan yang operator webchat minta maaf personal. Dan sepertinya setelah itu pelayanan live chatnya jadi sangat baik (bravo si Bos yg kerja di Bhinneka).

    Mungkin bukan salah karyawannya juga, kalo dilihat-lihat contact salesnya hanya 1-2 orang sementara pesananya bisa ratusan per hari dan walapun pembayaran online via inet banking/e-pay tetap saja harus verifikasi manual manusia (terkadang peraturan bank) Pantes aja keteteran.

    Manajemennya agak payah deh, menang design sama teknologi saja, pelayanan core-nya yang notabene jual-beli, amburadul-dul. Stok gak jelas tertera, pembeli harus nanya dulu biar yakin, contact bagian order basically buang-buang pulsa.

    Note: saat ini saya lagi nunggu pesanan juga, dan nasibnya sama gak ada stok “sedang ada pengadaan barang dalam rangka 2-7 hari). Setelah e-mail lagi-lagi tidak dibalas, saya langung telepon. Untung saja kalau gak saya bakal sewot nunggunya tuh barang mau dipakai.

  4. bener, kurang jujur, ongkir di mark up, proses pengiriman gak jelas, not recommend deh kecuali amat sangat sangat terpaksa aja

  5. Bro, kalo ane tuh malah ngerasa pelayanan Bhinneka bagus. Tapi ya pendapat org beda-beda ya. Ane bisa dibilang lumayan sering belanja di Bhinneka, dan pengiriman selalu tepat waktu kok. Untuk persediaan barang, ane sebelumnnya tanya dulu ke CSnya, bener ada atau ngga barangnya. Baru deh order, biar gak di-PHPin . hahaha.

    Ane puas sih sama pelayanan, barang yg dikirim, packagingnya. oke sih menurut ane ya.

  6. sudah 3 tahun, dan tetap bhinneka seperti itu.. saya pesan printer sudah seminggu belum datang-datang barangnya…,… sampai dongkol nunggu barang datang….

  7. Saya juga mengalami hal yang sama… hhmmm, waktu saya tanya kenapa baru dihubungi terkait kekosongan barang, CS nya hanya jawab “iya”

    Waduh…untungnya saya sabar :)

  8. saya kecewa banget sm pelayanan bhinekka… mereka bilang kalau barang akan diterima siang…tetapi saya tunggu ga datang, terus bilang datang jadi sore dan bilang bahwa hari ini pasti datang tapi ternyata saya tunggu smpai malam belum datang juga..dan dengan enak nya.. si sales ya bilang bahwa layanan kami tidak 24 jam… jadi saya pastikan bahwa hari ini tidak akan datang… ” layanan seperti apa “

Tinggalkan Balasan

