Pengalaman Jailbreak iPhone

iphone jailbreakBermula ketika saya merasa kalau ekosistem iOS sangat dibatasi oleh apple, sebagai seorang geek (halah), saya jadi tertarik buat ngoprek iphone 4s dengan jalan jailbreak. Dengan media iphone 4s, iOS 5.1.1 dan tool absinthe.

Apa itu jailbreak?
Jailbreak adalah Sebuah proses memodifikasi perangkat lunak Apple (iOS) agar user/pengguna dapat mengakses filesystem Unix secara keseluruhan. Dalam istilah Unix, ini berarti user dapat mengakses direktori root (“/”) yang merupakan hirarki tertinggi dalam filesystem Unix.

Jailbreak ini diperlukan untuk memasukkan installer aplikasi tidak resmi misalnya Cydia, kedalam iOS devices yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan aplikasi pihak-ketiga yang tidak terdapat pada Apple App Store.
Dan perlu diketahui bahwa jailbreak bukanlah tindakan ilegal. Sejak tahun 2010 pemerintah Amerika Serikat (US) telah melegalkan jailbreaking, dan tentu saja di sini (Indonesia) jailbreak bukanlah tindakan ilegal karena di tempat asalnya pun demikian.

Disini saya tidak akan menjelaskan tata cara jailbreak, anda bisa baca di appbuntu.com atau makemac.com karena tutorial disana sudah cukup lengkap.

Manfaat jailbreak
Sejauh ini manfaat yang saya rasakan dari jailbreak iphone antara lain:

– Kebebasan Kontrol
Pada dasarnya saya adalah orang yang suka mengutak-atik smartphone/komputer, saya senang kalau saya bisa menjelajahi/mengontrol seluruh isi dari iDevice saya.

– Aplikasi yang Lebih Banyak
Dengan jailbreak, saya bisa menginstall aplikasi lebih banyak, bukan saja berasal dari App Store, tetapi juga dari developer indie yang aplikasi-aplikasi buatannya tidak ditemukan di App Store.

– Transfer file via bluetooth ke Non-apple device
Kedengaran bodoh memang, karena secara default apple hanya mengijinkan transfer file via bluetooth antara iphone ke idevice lain (iphone, ipod, ipad, etc). Nah, dengan jailbreak kita bisa bebas transfer ke berbagai device via bluetooth menggunakan tweak bernama airblue sharing.

– Customize Everything
Setelah melakukan jailbreak, kita bebas melakukan berbagai kustomisasi yang sebelumnya mustahil dilakukan pada iphone normal. Seperti :
– kustomisasi icon aplikasi
– kustomisasi dock
– kustomisasi tema iphone
– kustomisasi lockscreen
– kustomisasi font iphone
– kustomisasi gesture (satu jari, dua jari, tiga jari, dab)
– menambahkan berbagai efek pada springboard
– menambahkan berbagai fitur tambahan dan tweak-tweak lain yang jumlahnya cukup banyak untuk dijabarkan disini.
iphonetheme

Berbagai macam tema iOS

efek iphone

Berbagai macam efek tambahan iOS

Untuk melihat sebagian jenis kustomisasi lain yang dapat anda lakukan, monggo dibaca di JailbreakMatrix atau simak cuplikan video berikut ini :

 
Kekurangan Jailbreak
– Sedikit/Banyak Mengurangi Baterai
Sebenarnya ini tergantung tweak yang kita gunakan. Semakin banyak tweak yang dipakai, semakin berkurang pula daya baterai. Walaupun kasus untuk semua iphone tidak akan sama, ada juga yang menginstall banyak tweak namun tidak berpengarug ke baterai sama sekali.

– Berpeluang Menambahkan Aplikasi Crack/Bajakan
Dengan iphone dalam kondisi terjailbreak, kita bebas memasukkan resource tambahan ke dalam iphone kita. Termasuk menambahkan aplikasi crack/bajakan.

Dalam upaya mengurangi kebiasaan membajak/pirating yang cukup tinggi di indonesia, alangkah baiknya kalau kita mulai mengurangi penggunaan aplikasi bajakan. Toh, harga aplikasi di iTunes store terbilang cukup murah, rata2 $0.99. Sekaligus menghargai jerih payah si developer, kita juga tidak mau kan kalau suatu saat produk/karya kita dibajak?

– Menghilangkan Garansi
Iphone yang terjailbreak tidak akan dicover garansi oleh apple store, namun hal ini dapat diakali dengan restore iphone untuk mengembalikan iphone seperti kondisi sebelum jailbreak.

Bagi anda yang suka ngoprek dan bosan dengan setting iphone default, tak ada salahnya mencoba jailbreak untuk merasakan pengalaman yang lebih. It’s fun!

27 thoughts on “Pengalaman Jailbreak iPhone

  1. hi bro, saya baru nemu iphone 4s, hehe bagaimana untuk membuka email dn pasword pemilik. karena ga bisa masuk ke iphone jika belom terbuka.
    apa bisa saya menggunakan jailbreak untuk membukanya. terimakasih

  2. assalamualaikum.. saya ada install airblue sharing untuk iphone 5s ios 7.. masalahnya saya menggunakan email sahabat saya.. adakah dia akan dapat hack atau mencuri sebarang maklumat daripada fon saya? terima kasih

  3. assalamualaikum.. saya ada install airblue sharing untuk iphone 5s ios 7.. masalahnya saya menggunakan email sahabat saya.. adakah dia akan dapat hack atau mencuri sebarang maklumat daripada fon saya? terima kasih ya saudara..

  4. Postingannya mantap gan.. (y)
    owh iya saya mau nanya nih gan. saya punya iphone 4 16gb kemarin baru selesai saya FU nah sinyanya tapi gak stabil. itu masalah apanya ya?
    dan Iphonenya udah saya jailbreak

    • pake iOS versi berapa dulu nih? Kemungkinan lokasi ente yg sinyalnya emang ngga stabil. Kalo ngga, berarti ada kabel konektor ke antena di belakang iphone yg bermasalah, tapi mesti buka jeroannya dulu kalo mau liat.

  5. met pagi gan..
    mau nanya apa ada dampak negatif apa gak gan kalau di saat jailbreaking iphone,user menggunakan kabel data yang gak ori?
    Keberhasilan jailbreaking tergantung apa y gan? keberuntungan org itu sendiri?
    thanks mbah..

    • kurang tau yah, emang kabel data non-ori bisa nyambung ke itunes?
      jailbreak mudah kok, tingkat keberhasilan tergantung kecocokan iOS yang ente pake sama tool jailbreak/file ipsw yg digunakan.

  6. Hi bro! kalo kirim data lewat bluetooth ke handphone lain pake apa? itunes? trus kayak apps instagram,path, bbm,whatsapp dan semacamnya berbayar ga? kalo download apps berbayar harus pake credit card? thx! cheers!

  7. Malam gan, saya kebetulan pengguna baru untuk ipad, saya belum lama ini beli ipad 1st gen dari saudara saya, yang saya mau tanyakan. Kira kira resiko untuk jailbreak ipad ini kemungkinan berhasilnya berapa persen ya? Dan setelah jailbreak apakah ipad saya ini tahan lama atau justru makin ringkih, Terima kasih.

  8. gan ane punya iphone 4 32Gb GSM, ko fitur personal hotspotnya gk ada yh?
    terus klo buka hotspot pribadi itu gk bisa jg, malah ada bacaan “pengaturan hubungi CARRIER” gimna yh solusi mengaktifkannya, sarannya dong agan2…..

  9. gan iphone 4 ane baru install tema di cydia trs di respring nah pas buka screen lock malah restart terus gan ? gmn solusinya ?

  10. Mohon bantuannya donk.sy baru beli iphone second.nih iphone bawaan luar negri.katanya sih udh di FU.sy ga bisa cek pulsa.klo cek pulsa malah memanggil, ngirim sms slalu gagal.sy browsing2, katanya iphone harus di jailbreak.tpi sy masih bingung.apa itu masalahnya? Dan utk jailbreak bgmn caranya? Tks

  11. iphone saya iphone 5 pake rsim ios 8.4, kalo di jailbreak berpengaruh sama rSimnya ga gan ? takutnya setelah di jailbreak ga bisa pake kartu lokal lagi,, mohon bantuannya ya gan,, thank you,,,

Tinggalkan Balasan

