Drama Jepang Mengharukan – One Litre of Tears

kitouaya

Sebenarnya ragu mau nulis review drama ini di blog, takutnya ada yang bilang – ini blog desain, teknologi kok malah nulis artikel drama2an, haha. Tapi karena saya terkesan sama ceritanya jadi apa salahnya. Drama ini sangat layak untuk ditonton!

Dulunya saya selalu skeptis kalau diajak nonton film atau drama ke-jepang2an. Tapi semenjak nonton drama ini pandangan saya jadi lain. Japan is awesome in creating a touching drama, much better than indonesian ‘sinetron’ for sure :|

Oh ya, perlu diketahui kalau saya nggak suka sama drama yang cinta-cintaan. Prefernya ke drama yang sedih2 sama family oriented. Nah, One litre of Tears ini salah satu drama sedih dan mengandung unsur kekeluargaan juga.

familyonelitreoftears

Berikut cuplikan sekilas sinopsis drama ini :

Film 1 Litre of Tears diperankan oleh Erika Sawajiri dan Nishikido Ryo. Film drama dari Jepang ini dibuat berdasarkan kisah nyata seorang wanita bernama Kito Aya. Saat berusia 15 tahun, dokter memvonis Aya menderita suatu penyakit yg tidak dapat disembuhkan, Spinocerebellar Ataxia. Penyakit ini menyerang otak kecil sehingga kelak penderitanya akan mengalami gangguan keseimbangan tubuh yang secara perlahan menyebabkan kelumpuhan, kesulitan berbicara, dan kesulitan menelan.

Script cerita 1 Litre of Tears ini diadopsi langsung dari Buku Harian yg Aya tulis sampai dirinya tidak mampu lagi untuk memegang bolpen. Di Jepang sendiri, buku ini laris terjual sampai dengan 1.1 juta copy.

Semasa hidupnya, Aya hanya memiliki satu impian yaitu tetap hidup. Keluarga, teman, serta orang-orang terdekat selalu memberikan semangat kepada dirinya. Penyakit yg semakin lama semakin menggerogoti tubuhnya tidak membuat Aya berkecil hati. Justru dengan penyakit inilah Aya semakin terpacu untuk menolong orang lain meskipun dengan kondisi fisik yg terbatas.

Aya meninggal pada usia 25 tahun. Kurang lebih selama 10 tahun dirinya menderita akibat Spinocerebellar Ataxia. Semangat pantang menyerah serta semangat hidupnya kini dijadikan sebagai sumber inspirasi bagi orang banyak.

Alur Cerita
Overall, ceritanya melingkupi bagaimana Kito Aya menjalani kehidupan sehari-hari dengan penyakit yang setiap hari bertambah buruk, bagaimana teman sekolah dan keluarganya selalu men-supportnya. Bagaimana dia berusaha menjadi berguna untuk orang di sekelilingnya walau dalam keadaan lumpuh.

Jujur saya berulang kali menangis ketika nonton episode demi episode, maklum soalnya saya orangnya sedikit melankolis kali ya.

Theme Song
Theme Song sama background musiknya juga oke. Instrumen2 nya mengharukan. dibawah ini tiga theme song yang favorit saya dari drama ini. Coba puter terus dihayati, ah owsom!

Yang ini lagunya remioromen, liriknya puitis mengharukan.

Yang ini mainsong-nya, instrumen dari susume ueda. Perfect!

Yang ini lagu remioromen juga. kayaknya semua lagunya mengharukan :(

Beberapa quote dan pelajaran yang dapat diambil dari drama ini diantaranya:

“What’s wrong with falling down? You can always stand up again. If you look up at the sky after falling down, the blue sky is also today stretching limitlessly and smiles at me… I’m alive.” – Aya

“People shouldn’t dwell on the past. It’s enough to try your best in all that you’re doing now.” – Aya

Bagi yang belum pernah nonton drama jepang coba nonton. Banyak pelajaran hidup di dalamnya. Nggak kaya sinetron indo yang pamer harta, pamer paha, ah Dummies!

Oh ya kalo mau download, silahkan cek di indowebster : http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=1485.

Jumlah Episode :  11
Rating Pribadi    :  4.95 / 5 (Wajib Ditonton)

Nb: Yang jadi pemeran utama, si Erika Sawajiri manis juga loh, hehehe.

16 thoughts on “Drama Jepang Mengharukan – One Litre of Tears

  1. Ping balik: Drama Tokyo Tower | Faiz Al-Qurni

  2. drama yang begitu menyentuh
    drama ini ditayangkan di salah satu station tv swasta Indonesa, waktu aku SD :D

    oh iya sifat melankolis itu, bukan orang yang gampang banget nangis namun orang pendendam.

  3. Wah setuju banget. Selain dari segi cerita, drama ini pas banget dari semua unsur. Visualitas sinematografinya juga aku suka. Theme song tiap adegan juga pas. Selain itu akting pemainnya juga pas banget, sehingga kita terbawa suasana. Dialognya juga bagus.
    Cerita tentang percintaannya juga ga vulgar.
    Scene yg aku paling ga bisa lupain pas episode 4, aya ngebela2in berangkat dari RS untuk kencan sama kakak kelasnya, tapi ternyata cowo itu ga dateng. Sampai akhirnya Haruto yg dateng buat ngasih tau tentang kakak kelasnya yg ga bisa dateng. Di bawah hujan dia nyeritain tentang penyakit yg dideritanya ke Haruto. Dia bilang dia ingin membuat mesin waktu biar bisa kembali ke masa lalu.
    Heuhhhh air mata aku bercucuran..

  4. Untuk yang belum nonton, bisa download semua episode Ichi Ritorru No Namida a.k.a One Litre Of Tears baik yg kualitas dvdrip maupun yang kualitas hd, link lokal indowebster. Ada 11 episode dan 1 episode special dalam subtitle berbahasa Indonesia (khusus yang versi HD).

    Karena memang kisah ceritanya yang sangat berbobot sehingga nggak bakalan bosan ditonton berulang kali. Terakhir tahun lalu ditayangkan ulang di stasiun tv di vietnam thn 2012, jadi udah 8 kali drama ini ditayangkan di stasiun tv di berbagai negara di Asia.

  5. Banyak nasehat yang dapat diambil dari drama satu ini…
    tidak ada kata terlambat untuk menyaksikan drama yang satu ini…
    Terima kasih alm.Aya kau telah membantu banyak orang
    Hiduplah dengan tenang di alam sana dimana tidak ada lagi tangis kesedihan..

  6. Sya bru nnton dramanya mas, sgt mngharukan:”)
    Awalnya saya pikir biasa aja, tpi pas udh episode” akhir, sya mulai trharu:”)
    Yg bkin sya nangis sekenceng”nya pass Haruto blg “aku tau ini serakah, aku tau ini trlalu dipaksakan, tapi aku ingin kau tetap hidup”. Mulai ke-flashback dehh epsode” prtmanya, saat dimana haruto blg bhwa mnusia it serakah krn ingin hidup lebih lama. Krn pda akhirnya, Haruto yg gak trima Aya harus pergiiiiiii:”””((((

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s