Pengalaman Menggunakan Macbook Pro

macbook proSesuai dengan janji saya di artikel sebelumnya, disini saya akan menjabarkan pengalaman pertama saya menggunakan platform mac os di macbook pro setelah beberapa tahun jenuh menggunakan si jendela (baca:windows). Apa sih enaknya pake mac? Penyesuaian apa saja yang harus saya lakukan?

Intro

Sebenarnya keputusan saya untuk migrasi ke mac os cukup nekat juga. Karena sebelumnya saya belum punya dasar/pengalaman menggunakan os berbasis UNIX, maklum di indonesia kan windows yang paling populer. Selain itu jarangnya teman/kerabat yang menggunakan OS ini membuat saya berpikir dua kali, takut kalau nantinya ada masalah atau kesulitan menggunakannya saya jadi bingung sendiri, hehe.

Namun setelah baca2 resource di internet yang cukup melimpah, saya malah tambah yakin untuk migrasi ke sistem operasi berlogo buah apel ini. Yah, mac os memang didesain dengan mempertimbangkan user-friendly (simpel dan mudah digunakan). Nyatanya saya memang tidak butuh waktu lama untuk menyesuaikan diri dengan sistem operasi yang satu ini.

Berikut sekelumit adaptasi yang akan anda jalani saat memulai menggunakan mac os :

1. Interface

Yah, hal pertama yang harus anda adaptasi dari mac tentu saja interface/tampilan nya. Tampilan mac memang sedikit berbeda dengan windows (perbedaan yang lebih baik tentu saja menurut saya, haha). Baik dari segi layout maupun ui(user interface), mac memang sedikit lebih baik daripada windows. Tampilan yang tajam, ikon2 detail yang keren, ah sulit rasanya mengungkapkan betapa bersih, rapi dan tajamnya interface mac os ini. Berikut beberapa screenshot tampilan mac os yang saya capture.

menu mac os

menu mac os

Menu mac os diatas berguna untuk menampilkan aplikasi yang sedang aktif. Tidak seperti di windows, untuk keluar dari aplikasi di mac kita harus klik nama aplikasi – kemudian pilih quit.

dock mac os

dock mac os

Dock berguna untuk menampilkan deretan shortcut aplikasi (kalau di windows namanya start menu). Selain itu dock juga menampilkan indikator aplikasi yang sedang anda jalankan. Biasanya aplikasi yang sedang aktif akan memunculkan bayangan cahaya biru dibawah ikon aplikasi yang bersangkutan.

finder mac os

finder mac os

Finder di mac os sama halnya dengan windows explorer. Berguna untuk melihat direktori mac, membuka dan mengeksplorasi file.

2. Trackpad

Trackpad (atau biasanya disebut touchpad) di macbook merupakan salah satu fitur yang luar biasa. Lebih dari sekedar touchpad lain yang berfungsi menggerakkan pointer, klik kiri, klik kanan, drag n drop, trackpad macbook mampu digunakan secara kombinasi (1 jari, 2 jari, 3 jari bahkan sampai 4 jari) serta mampu disetting sedemikian rupa untuk memudahkan operasi mac anda. Sekali menggunakan trackpad macbook, mungkin anda akan mulai melupakan mouse, haha. Berikut video singkat mengenai macbook trackpad yang menarik untuk disimak.

3. Aplikasi

Aplikasi di mac os memang tidak jauh beda dengan aplikasi2 lainnya. Hanya saja untuk metode instalasi, di mac os kita tinggal drag n drop file aplikasi ke folder application, maka aplikasi langsung terinstall.Yah, itu saja mudah bukan? Tidak perlu melakukan step2 aplikasi layaknya di windows (klik next2 mulu sampe finish). Namun untuk beberapa aplikasi2 kompleks seperti (adobe/ms office/ilife) kita tidak bisa menggunakan drag drop untuk instalasinya.

aplikasi mac os

aplikasi mac os

4. Keyboard

Keyboard macbook tidak jauh berbeda dengan keyboard konvensional model qwerty. Hanya saja ada beberapa tombol tambahan seperti command (mirip tombol windows), option (alt), control (ctrl).

keyboard mac

keyboard mac

Sebenarnya masih banyak fitur2 mac lain yang belum saya sampaikan disini. Mungkin akan saya bahas di artikel2 selanjutnya saja, karena saya masih cukup sibuk untuk saat ini. Sampai jumpa, jangan ragu untuk terus belajar!

*) Artikel ini saya tulis bukan bertujuan untuk mendiskreditkan sistem operasi windows, hanya untuk perbandingan saja. Saya pun masih menggunakan windows di pc pribadi saya. Yah, masing2 sistem operasi mesti memiliki kelebihan dan kekurangan masing2 bukan?

64 thoughts on “Pengalaman Menggunakan Macbook Pro

  1. Ping balik: Beberapa Mitos Yang Keliru Tentang Mac | FaizDesign

  2. Wah..sebenarnya aku juga tertarik banget mau pake MacBook karena memang luar – dalem kayaknya keren banget, tapi masih kuatir ga bisa bebas nyari software-software yang kompatibel untuk Mac OS.

  3. saya mengalami kesulitan untuk download software seperti autocad / inventor di mac. ada referensi ga harus digimanain? berniat beli windows legal di ibox tapi lumayan mahal +- 1.3 jt blm pasang nya

    • maksudnya kesulitan dalam arti bagaimana bro? kalau sulit donlot dalam arti ukuran yg gedhe mending pesen online aja di kaskus dalam bentuk dvd,banyak yg jual.

      Kalau umpama udah punya autocad yg versi windows, mending install windows lewat parallel desktop/bootcamp. Terus install autocad di dalemnya.

  4. Halooo,
    Blognya bagus dan lengkap nih saya lagi belajar2 ttg penggunaan MacBook nih…
    saya pake MBPro 13″ Mid 2012 hehehe…

    Saya rencananya mau instal Windows ori via bootcamp, nah sebelum saya beli,saya jadi penasaran kira2 bisa ndak ya instal di bootcamp tapi pake OS Windows yang non ori? Kali saja mamasnya pernah nyoba… dan caranya apakah sama dgn instal pake cd ori? Atau bisa instal via HD Eksternal? :D

  5. Sy lg mau beli macbook. Tp krn msh awam bgt, jd bnr2 mau cari tau dlu detilnya. Yg utamanya msh sy bgng adlh soal flash storage & cycle count. Dr apa yg sy ketahui, kebykan hny m’beri storage penyimpanan yg kcl. Misalnya utk tipe Air dg 128gb, apa itu keseluruhan? Apa Macbook mengenal partisi jg layaknya Windows? Kl memang kapasitas 128gb itu keseluruhan & Macbook mengenal partisi jg, berarti makin kecil pula ya kapasitas yg ada? Sedangkan sy prefer yg bsr krn tergolong byk data & aplikasi, mxdnya c biar ga repot2 mindah2in. Mmg hny berupa office dan akan berlanjut ke yg berhubungan dg video, maka itu saya mulai mengincar macbook. Sdgkan cycle count, apa semakin rendah angka semakin bagus? Atau bgmn? Mhn bantu informasinya ya. Trmksh…

    • Mac tidak mengenal partisi. Memang untuk macbook keluaran terbaru (terutama macbook air) kebanyakan sudah menggunakan SSD(Solid State Drive) untuk storage nya. SSD memiliki kelebihan kecepatan dibanding HDD biasa, namun ukurannya relatif kecil karena harganya yg mahal. Namun untuk macbook pro, ada yang masih menggunakan HDD yg kapasitasnya lebih besar.

      Cycle count menunjukkan jumlah berapa kali baterai macbook di charge dari kondisi 0 sampai 100%. Logikanya jika macbook masih agak baru, semakin sedikit cycle count semakin bagus karena menunjukkan kalo macbook jarang dipakai. Sebaliknya jika macbook sudah berusia tahunan namun cycle count masih sedikit, bisa dicurigai bisa saja baterainya sudah di replace/ganti dengan baterai baru.

  6. tertarik nih buat make mac.. tapi untuk anak kuliahan apakah cocok dan untuk tampilan mc. office saat diinstal apakah sama tampilannya kayak di pc biasa ?

  7. Mas bro, saya barusan meminang mac book air md223 yang kapasitas SSD nya hanya 64GB: pertanyaannya:
    1. Apabila saya ingin instal 2 OS, (Windows). lebih baik harus install windows lewat virtual machine (pake parallel desktop ato vmware) atau install windows lewat bootcamp (dualboot) ? mengingat kapasitas SSD hanya 64gb, apakah cukup untuk Instal 2 OS?
    2. Apabila sudah bisa di Instal Windows, apakah saya bisa mengisntal aplikasi statistik seperti Program SPSS 16, PLS, ataupun AMOS. Mengingat saya sedang tugas akhir. terima kasih mohon pencerahannya.

  8. Mas, saya mau beli macbook pro buat MULTIMEDIA otomatis saya butuh software2 seperti ADOBE P.S , 3dmax or after effect ! Apa harus ori? Klo nggak gmna cara nya ? Tolong bantuan nya …

    • sama kyk windows bro, terserah mau milih ori atau bajakan. kalo mau ori ya beli di penjual/situs resmi, kalo mau bajakan ya browsing aja di situs2 pirates. saya ngga mau merekomendasikan situs2 pirates karena saya sendiri mencoba untuk mengurangi konsumsi software bajakan hehe :)

  9. Mas saya mohon bantuan nya nemuin software google sketchup yang full version untuk mac, soalnya saya udah download dari forumnya sketchup emang ada sih, tapi serial numbernya buat kepala pusing nyari nya, saya seorang pelajar arsitek, jadi lepy saya harus ada autoCAD dan Skethcup nya mas, mohon bantuannya . .

  10. bro, sya lagi minat migrasi ke Mac nih, mohon kasih link saya untuk belajar lebih detail lagi, thanks….

    oya kalau ada info harga dan tingkatan teknologinya, thanks

    • satu lagi pertanyaannya, harga software asli kisaran brapa ya, berikut aplikasi yang biasa saya pakai :

      – office, lengkap
      – photoshop
      – nik software

      apakah ada versi bajakannya?? thanks

      • Kalo belajar mac lebih lengkap di makemac.com hehe, disana ada detail spek macem2 jenis mac juga. kalo software ori harganya:
        – office 365 : 710rb/tahun
        – photoshop : 100rb/bulan kalo punya kartu kredit, kalo di reseller indo harganya 3 kali lipat
        – nik software kurang tau, ga pernah pake soalnya

        versi bajakan/pirated mesti ada.

  11. Mac book pro ma air enakan pake yg mana ya mas?
    Hmmm bingung ni…
    Dan oy setelah kt instal windows macbook kt jd terasa lebih lambat untuk booting dan performanya menurun gk ya?

    • tergantung kebutuhannya buat apa, kalo yg ringan2 pake macbook air lebih enak dong, enteng juga layar ngga terlalu gedhe. kalo buat yg agak berat macbook pro mendingan lebih lega.

      itu tergantung kamu install windows pake bootcamp dengan boot sendiri, atau install virtual machine.

  12. Gan, ane mau nanya masalah Bootcamp. Pernah install Windows 8 atau Windows 8.1 via Bootcamp nggak? Apakah ada masalah atau isu seperti driver yang tidak kompatibel, keyboard dan touchpad mouse macet, Windows Update yang bermasalah, atau yang lainnya. BTW, secara hardware ane emang pengen beli Macbook Air karena kualitas kinerja dan baterai yang “wah” dan berencana install Windows 8.1 via Bootcamp soalnya ane masih punya 1 lisensi Windows 8.1 original gan.

    Ditunggu jawaban sedetil-detilnya, soalnya ane jarang banget ketemu ama pengguna Mac wkwk

  13. Keren2 semua mas artikelnya, sy sampai bookmark ini mas faiz pnya blog. mas sy mau tanya kalau mau download softwear corel draw dmn ya? dan cara instalnya bagaimana?
    thx.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s