Pengalaman : Freelancing di Odesk

odeskDisini saya akan berbagi pengalaman pribadi dalam dunia freelancing di oDesk. Yah, meskipun saya masih dibilang baru terjun di dunia ini mungkin beberapa penjelasan dan tips berikut dapat bermanfaat bagi anda. Bagi anda yang belum mengetahui apa itu freelancing dan tetek bengeknya, silahkan baca kelanjutan artikel ini!

Apa itu Freelance?

Oh ya, mungkin sebagian dari anda belum tahu apa itu freelance? Menurut Wikipedia, freelance (pekerja lepas) adalah seseorang yang bekerja sendiri dan tidak berkomitmen kepada majikan jangka panjang tertentu. Contohnya yaitu programmer, juru tulis, photographer, designer dan lain sebagainya yang bekerja tanpa ikatan dengan institusi atau perusahaan tertentu. Untuk anda ketahui, saat ini saya sedang kuliah sambil berkerja secara freelance, dalam bidang web design dan development.

Apa itu oDesk?

Mungkin sebagian dari anda belum mengetahui apa itu oDesk?  oDesk adalah sebuah situs pasar kerja global (marketplace) yang menghubungkan para employer (pemberi kerja) dan contractror (pekerja) untuk saling bekerjasama dalam pekerjaan jarak jauh. Nah, di oDesk sendiri terdapat berbagai macam pekerjaan yang bisa kita ambil. Pekerjaan tersebut dibagai menjadi beberapa bidang, antara lain :

1. Web Development
2. Software Development
3. Networking and Information Systems
4. Design and Multimedia
5. Writing & Translation
6. Customer Service
7. Administrative Support
8. Sales & Marketing
9. Business Services

Di dalam masing2 bidang tersebut, masih terdapat sub-bidang yang lebih spesifik. Contoh, web development dibagi menjadi beberapa bidang seperti web design, web programming, web development, e-commerce dan lain sebagainya. Untuk info lebih lengkap mengenai bidang pekerjaan di oDesk anda dapat mengunjungi situs oDesk.com.

Nah, disini saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya memulai bekerja freelance (web designer) di oDesk sampai mendapatkan penghasilan pertama, serta bagaimana tips mendapatkan klien dari oDesk itu sendiri.

1. Cara Kerja Odesk
Pertama, yang perlu kita ketahui adalah bahwa ada dua macam pekerjaan di oDesk. Yaitu, fixed price (proyek dengan harga tetap) dan hourly (proyek dengan bayaran per-jam). Untuk saat ini saya hanya akan membahas fixed price, karena untuk pemula sebaiknya kita mencari proyek fixed untuk mencari rating dan feedback terlebih dahulu. Di proyek fixed price, para employer memposting sebuah proyek di oDesk dengan estimated budget (anggaran) tertentu. Kemudian kita sebagai contractor akan melakukan bid (tawaran) terhadap proyek tersebut dengan mengajukan proposal berupa cover letter yang disertai berapa nominal pengajuan tawaran yang kita inginkan. Nah, kemudian para employer tersebut akan memilih dari sekian banyak contractor yang dirasa mumpuni dan mengajukan tawaran yang masuk akal.

Jika dirasa ada contractor yang masuk kriteria, contractor yang bersangkutan akan dihubungi dan diajak kerjasama dalam mengerjakan proyek tersebut. Loh, kemudian dari mana oDesk dapat penghasilan? oDesk mendapat penghasilan dari 10% potongan harga yang disepakati antara employer dan contractor. Jadi seumpama kita mendapat $200 dari contractor maka akan dipotong 10% ($20) oleh oDesk.

2. Modal Untuk Freelancing
Modal untuk memulai bekerja freelance di oDesk sebenarnya tidak banyak. Hanya butuh skill khusus (design, programming, translating, dsb) serta sedikit kemampuan berbahasa inggris (maklum, kebanyakan employer berasal dari USA, Canada, Australia dan sebagainya). Kalau anda sedikit kesulitan dalam berbahasa inggris, kita masih dapat menggunakan bantuan Google Translate. Dan perlu anda ingat, saat bekerja dengan client yang kebanyakan bule – istilahnya – jangan merasa minder. Karena saya yakin banyak orang indonesia yang memiliki skill luar biasa akan tetapi mereka langsung drop apabila berhadapan dengan orang luar. Jadi percaya dirilah dengan skill dan kemampuan yang anda miliki!

3. Memulai Freelancing di Odesk
Sebelum memulai untuk berkarir di oDesk, tentunya kita harus mendaftar terlebih dahulu. Untuk pendaftaran anda bisa mengunjungi situs resminya di http://www.odesk.com, pendaftaran tersebut tidak dipungut biaya alias gratis! Setelah terdaftar, silahkan anda lengkapi profil anda dengan identitas diri, skill yang anda miliki, bayaran per-jam yang anda inginkan, serta jangan lupa cantumkan portfolio hasil kerja yang anda miliki, karena portfolio akan sangat mendukung keputusan klien untuk memilih anda dalam sebuah proyek. Jadi, pasang portfolio sebagus mungkin. Oh ya, jangan lupa untuk mengikuti Odesk Readliness Test, yaitu sebuah tes yang diadakan oleh pihak oDesk untuk mengetes seberapa siap kita bekerja disana.

4. Tips Bidding (Mencari) Proyek
Setelah melengkapi dan mempercantik profile anda dengan test dan portfolio, saatnya untuk bidding (mencari) proyek. Untuk mencari proyek yang anda inginkan, anda bisa menggunakan fasilitas pencarian pada situs oDesk. Pencarian bisa dikustomisasi sesuai keinginan anda. Bisa sesuai bidang tertentu, budget tertentu, dan lain sebagainya. Pada dashboard oDesk anda juga akan nampak daftar job terbaru yang sesuai dengan minat anda.

Namun, ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan sebelum meng-apply sebuah proyek. Pertama lihat terlebih dahulu, apakah sang employer telah terverifikasi payment methodnya. Biasanya disebelah kanan sidebar akan muncul teks “Payment Method Verified” untuk employer yang sudah terverifikasi. Kenapa ini penting? karena employer yang metode pembayarannya berlum terverifikasi, maka tidak akan ada jaminan kita akan dibayar nantinya.

Yang kedua, cek profil sang employer, cek mengenai jumlah post yang telah dibuat, jumlah contractor yang pernah di-hire, dan jumlah uang yang telah dibayarkan. Ini untuk menjamin kalau employer yang akan kita apply benar2 serius dalam mencari pekerja.

Yang terakhir, jangan coba2 meng-apply job yang kiranya kita tidak mampu atau jauh dari skill kita. Karena kalau seumpama dalam progress job kita tidak mampu menyelesaikannya, mereka akan memberikan feedback yang buruk kepada kita dan imbasnya pamor kita akan menurun dan kesempatan untuk di-hire oleh employer pun turun.

Yah, sekian dulu perkenalan tentang freelancing di oDesk. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang freelance online. Kalau ada pertanyaan mengenai oDesk ini saya akan dengan senang hati membantu. Sampaikan melalui komentar dibawah ini. Go freelancer Indonesia!

213 thoughts on “Pengalaman : Freelancing di Odesk

  1. Ping balik: Portfolio : January Web Design Works | FaizDesign

  2. Slm knal..!! sy seorg GAPTEK tp pinggin sekali kerja diODESK gmn caranya, bidang apa yg cocok buat saya? mohon panduanya. trim’s !

    • Salam kenal juga mas rusdi!
      Sebenarnya bidang yang paling banyak jobnya di odesk adalah graphic dan web design mas. Tapi kalau anda masih awal dan masih mau belajar, lebih baik ambil bidang writing & translation (anda bisa ambil job mengisi content web, atau translate bahasa inggris ke bahasa indonesia) dan administrative support (anda bisa ambil job data entry/memasukkan data). Dua bidang diatas tergolong yang paling mudah mas.

  3. Sblmnya sy trim’s byk ats saranya. skrng sy mau tanya lg nich, gmn cara mengisi profil sy ? sy nggak punya titel akademis cm tamatan SMU. sy mau ngambil job entry data. mohon panduanya lg ya…trim’s !!

    • Iya, sama2 mas. Untuk mengisi profil bisa dilihat di sidebar kanan dashboard oDesk ada link “Edit Your Profile”. Untuk title akademis itu sebenarnya tidak terlalu penting mas, saya sendiri juga tamatan SMK hehe. Nah, dihalaman edit profile itu silahkan anda lengkapi sekiranya sesuai dengan kompetensi anda. Mulai dari skill, pengalaman kerja, portfolio, sama rate (bayaran) per jam anda.

    • Untuk yg translate, biasanya anda akan diberi artikel atau website oleh employer yang butuh untuk ditranslate ke dalam berbagai macam bahasa mas. Anda bisa memilih yang bagian translate ke bahasa indonesia.

      Sedangkan untuk writing, biasanya anda diberi tugas untuk mengisi artikel atau konten pada sebuah website (kebanyakan dalam bahasa inggris). Oleh karenanya, bahasa inggris merupakan modal yang sangat berguna untuk memulai freelancing di odesk mas. Semoga membantu :)

  4. Mau tanya mas, untuk metode pembayaran dari oDesk gimana ya?
    Apa ditransfer langsung ke rekening bank ato gimana?
    Mohon pencerahan. Trima kasih.

    • Ada bermacam2 mas. Bisa lewat Paypal, Moneybooker, Payoneer dan ada juga yang langsung transfer ke bank Indonesia. Saya biasanya lebih memilih yang langsung ke rekening bank BRI saya dengan potongan sekitar 40rb per-penarikan. Semoga Membantu.

    • Salam kenal juga mas,
      Portfolio itu contoh hasil kerja yang pernah kita buat/kerjakan. Contohnya, seumpama anda pernah bikin web, lah tinggal printscreen hasil web buatan sampean terus upload sebagai portfolio. Begitu juga dengan bidang yang lain, seumpama anda pernah membuat brosur/artikel/poster dsb, silahkan upload sebagai portfolio anda mas. Semoga bermanfaat :)

    • iya salam kenal juga mas hudaini,
      setelah saya lihat profile sampean sudah cukup lengkap, tinggal beberapa modifikasi. Pertama, kalau bisa english level diatur minimal level 3/4 mas, karena client cukup mempertimbangkan hal yang satu ini. Terus kalau job application quota masih tersisa, silahkan apply job sebanyak-banyaknya karena semakin banyak apply, kemungkinan direkrut (hire) juga semakin besar mas. Yang terakhir jangan lupa berdoa juga, karena rejeki datangnya dari Allah, kita tinggal usaha + berdoa. Kalau ada pertanyaan lebih lanjut silahkan sampaikan. Semoga membantu :)

  5. seandainya yg belum berpengalaman apa portfolio bs dkosongkan? klo kosong bs g dapat kerjaan? bidd awal untup pemula bgsnya brp? trims

    • Bisa mbak resiana, namun tentu saja kemungkinan mendapat job menjadi lebih kecil. Karena biasanya client lebih mengutamakan contractor yg memiliki portfolio. Untuk mengakalinya, sampean bisa membuat proyek sendiri dan pajang sebagai portfolio (Hal sama yang saya lakukan saat belum mendapat job dulu, hehe). Kemudian tentang bid awal, tentunya bergantung dari budget job yang sampean apply. Misal ada job web design dengan budget $200, anda bisa nge-bid antara $130 – $170an atau istilahnya sedikit banting harga sih. Maklumlah untuk awal2 di odesk kita harus mampu mendapat rating bagus terlebih dahulu, baru kemudian ngebid dengan harga yang agak tinggi. Semoga bermanfaat.

    • setau saya belum, kita masih jadi kandidat yang kemungkinan terpilih tapi bisa jadi kita tidak terpilih setelah ada kandidat lain yang mungkin lebih bagus menurut employer, pengalaman pernah dapet 1 kandidat ee dua hari langsung decline.. maklum newbie

      • Iya bener kata mas hudaini, active candidacies itu berarti kita termasuk salah satu dari sekian kandidat yang dipilih oleh client. Kalau seumpama sampean sudah deal, tinggal bilang aja minta di hire dulu baru kemudian ngerjain jobnya mas.

      • thanks y..
        emang top dah…
        buat nya pke photoshop y mas ? soalnya saya bru blajar html ni..blum dcoba pke photoshop..
        beda desain web ma web programming pa ya mas ?

      • iya pake photoshop, ntar kalo udah baru diconvert ke html.
        kalo bedanya menurut saya web desain itu menjurus ke tampilan (interface) website, nah kalo web programming itu menjurus ke sistem(aplikasi dibelakang layar) dari web itu sendiri.

  6. Ass. sore mas Faiz,
    Saya mau tanya nih,saya kan baru,profil saya udah 70% selesai,nah saya mau coba-coba bid job,terus setiap apply itu job, dan mengisi form nya,setiap pengisian di kolom agree to term,kok,gk da kata sandinya ya.dan kalo di klik di bagian accept n apply to this job, gk mau…gimana ya mas,,,mohon banget nih bantuannya…

    • Walaikumsalam mbak Heni,
      Kemungkinan besar itu sampean belum menyelesaikan tes wajib odesk yaitu ‘odesk readiness test’ (tes untuk mengecek seberapa paham kita atas cara kerja odesk), jadi belum bisa ngebid. Jadi sebaiknya anda kerjakan dulu tes ORT itu mbak, soalnya cuma 11 item kok di google juga banyak kunci jawabannya.
      Semoga membantu..

      • ow,saya baru tau mas,ternyata saya belum verifikasi id nya,ini data nya sudah saya masukan tapi.harus nunggu 7-10 hari ya?saya udah dapet panggilan untuk intervie dan dy minta balasan seceptnya,jadi gimana ya mas?

      • oh, ya monggo dijawab dulu syukur2 kalau sampe di hire sambil nunggu id terverifikasi. Pokoknya komunikasi dengan calon client jangan sampe putus mbak,

      • klo untuk sistem pembayarannya bagaimana ya mas?katanya per minggu,nah,itu langsung ditransfer kerekening kita,atau harus buat kartu kredit dlu.? dan menurut pengalaman mas sendiri,kira2 kerja seperti itu bisa dipercaya ya gk mas?mohon masukan dan sharenya ya mas,trims.

      • kalo di odesk kan jobnya ada 2 macam mbak, fixed price sama hourly. Kalo fixed price kita dibayar berdasarkan harga yang telah disepakati dengan klien, tapi odesk tidak menjamin apakah kita nanti dibayar atau tidak oleh klien. Tapi sejauh pengalaman saya jarang sekali klien di odesk yg kabur/tidak membayar walaupun teman2 lain ada yg pernah mengalami juga. Nah, kalo hourly kita dibayar sesuai dengan berapa jam yg kita habiskan untuk mengerjakan jobnya. Kalo yg hourly ini ‘pasti’ dibayar dan ada jaminan dari odesk. Tapi pembayarannya masuk setiap seminggu sekali. Untuk mengambil bayaran dari odesk kita tidak butuh kartu kredit, cuma rekening aja mbak.

      • Nah,cara nya gimana ya mas,kalo untuk pengambilan di bank?soalnya saya baca,katanya harus menggunakan paypal,dan saya juga tidak punya kartu kredit/vcc….

    • tidak perlu mengambil ke bank mbak heni, di odesk kita cukup memasukkan kode bank sama nomor rekening. Kemudian kalau anda ingin mengambil bayaran anda pilih menu withdraw di odesk, pilih jumlah yg ingin anda ambil maka otomatis balance odesk akan masuk ke rekening sampean hehe.

  7. mau ikut nanya ni mas kalo di odesk ada fee buat menjadi freelancer premium ga,,kaya di elance kalo di elance kalo ga premium kita cuma bisa apply 3 job saja tapi kalo premium kita bisa bebas sebanyak mungkin apply job kita,,di tunggu jawabannya ya mas makasih….

    • kalo di odesk, semua freelancer setara mas, jadi tidak ada fitur2 premium seperti elance. Kalo di elance kan anggota biasa dibatasi 15 connect (kesempatan apply) perbulan. Kalo di odesk asalkan profil sudah lengkap, semua freelancer mendapat jatah maksimal 25 quota.

      • klo withdraw nya langsung melalui rekening bank, kita kena biaya 25 dollar ya mas sekali withdraw atau 5 dollar sekali withdraw nya,, yang benar yg mana ya mas

      • Mas Faiz,Klo mau masukin portofolio dalam bentuk presentasi power point gimana ya,,,,saya uploadnya pake yg attachment ,tapi kok lama n tulisannya sorry bla bla bla,,,gtu,,gimana ya? trims…

      • Kalo pake wire transfer langsung ke rekening bank potongan dari odesk 3,99 dolar mas. terus dipotong lagi sama bank, bervariasi antara 40-45 ribu masing2 bank berbeda.

  8. Mau numpang tanya nih,,, karena agak bingung. Aku udah daftar di Odesk baru 60% sih tapi udah ikut Odesk Readiness Test nya,,, tapi yang dimaksud dengan “Take a free test to show off your skills” itu apa,,,? karena pas aku buka kok sama kayak Odesk Readiness Test. Lalu, perlu ya harus verify identity tapi kok harus scan KTP & bank statement segala?

    Mohon bantuannya ya,,,
    Thanks before,,,

    • take free test itu maksudnya sampean disarankan ikut tes gratis odesk mbak annisa, tentu yg berhubungan dengan skill. Misal, anda graphic designer, lebih baik anda ambil free test photoshop, illustrator dll. Walau nggak wajib, tapi berguna u/ mempercantik profil hehe. tentu testnya tidak sama dengan odesk readiness test, karena dibagian bawah banyak list2 skill yg dapat dipilih. Kalau u/ verify identity, walau sifatnya opsional lebih baik dilengkapi mbak. toh gampang kok caranya, tinggal foto/scan ktp/rekening lalu upload deh. kalau sudah verify, profile akan lengkap sampai 100%, dan quota apply nambah jadi maksimal 25.
      Semoga membantu..

      • Oh,,, gitu,,, ok ok,,, aku ngerti sekarang :)
        Oh ya, itu masa’ scan rekening buku tabungan juga? apa nggak bahaya nanti?

        Maaf ya banyak tanya,,, hi hi hi

      • Ummm eh, terus yang bikin portofolio itu maksudnya gimana? portofolio hasil kerja yang kita pernah bikin atau kayak biodata kita (CV) gitu,,,?

      • Tapi kalau portofolio nya nggak diketik / di taruh di blog gimana? aku ada sih,,, karangan menulis,,, tapi aku tulisnya di buku,,, jadi di foto lalu di upload gitu nggak apa ya?

  9. baru dapet $5 coba2 mau withdraw gabisa, kenapa yach?? katanya ga ada methode yang aktif padahal udah pilih method via paypal dan status aktif, tp ko di bilang ga ada yang aktip.

  10. assalamu’alaikum mas faiz….mau numpang bilang matur suwun nih….hehe….belajar2 lewat baca artikel dan komen2 di blog mas faiz ini, alhamdulillah sampe sekarang udah dapet $40an lewat oDesk, dan masih ada 2 ongoing job nih….terimakasih banyak ya mas faiz….minta ilmu2nya lebih lanjut serta doanya ya mas…. :D

  11. Assalamu’alaikum.. Salam knal mas, sya seorang mahasiswa jurusan bhs. Inggris, sya blum punya pngalaman krja sma skali mas tpi saya pngen kerja. Bntuin sya bikin profil biar bgus dong….
    Please..

    • Walaikumsalam, salam kenal mbak. Lah mbaknya jurusan bhs.inggris mesti jago dong inggrisnya :D kalo mau bikin profil yg bagus untuk pertama kali monggo cari referensi contoh2 di website odesknya. Di kanan atas ada field ‘search job/search contractor’. Pilih search contractor, terus cari yg sesuai bidang yg sampean geluti hehe.

    • la iya mbak, justru kl bisa bahasa inggris malah biasanya cepet dapet job loh. kl bikin profile ceritain aja tentang diri kita, istilahnya bikin promosi gotu loo apa aja kebisaanya. emang job banyaknya untuk desain dan it, tp banyak juga lo yang udah dapet duit dengan menjadi data entry. jangan lupa juga portopolio di isi, nanti juga ada petunjuknya kok bagian mana aja yang mesi di lengkapi,

  12. mas saya ini masih sma, kemampuan bahasa inggris saya masih dibilang bawah standar! trus kerja apa ya kira2 yang cocok buat saya?

  13. Tulisananya sangat mencerahkan bagi saya sebagai pemula…saya pengen sekali terjun ke dunia freelance biar ada side job, mohon bimbingannya ya mas. kalau ga keberatan boleh saya minta id yahoo mesengger biar bisa berkomunikasi.

    • kalo cuma design web(tampilan) pake photoshop bisa mas ngga perlu dreamweaver. tapi kalau sampean bisa sedikit coding(minimal html/css) tentu scope nya jadi lebih luas, peluangnya juga lebih banyak.

  14. kakak Aku mau tanya dong . Kalo disamping contract job kita ada tulisan “no time logged yet” itu maksudnya apa?sedangkan aku lagi kerja buat dia dan intens ngirimin kerjaan aku. dibantu ya kakak aku nubi nih :) makasih sebelumnya :)

      • udah mas udah ngerti :) heh iya masa tadi aku kan withdraw uang ke Mandiri ya.agak salah pencet mas jadi ke withdraw semuanya :( itu biasanya sampe berapa hari?kalo method nya sih udah di verivikasi. Itu kok pas lagi iseng2 liat halaman “edit” withdraw yang wiretransfer kok katanya namaku missmatch yah?padahal pas kemaren2 daftar engga gitu :( bantuannya ya mas uangku udah ke withdraw :(

  15. Cari jawaban(kunci) test odesk yg update dimana y kira” mas ?
    COz , aq cari di google kunci ny dah beda smua …, acak , bikin bingung .
    jwb ya , please , . Thnks :)

    • ini yg free test ato odesk readiness test nih? kalo kunci emang gak semua sama, karena tiap ngambil test pasti soal diacak sama odesk. jadi kalo nyari kunci jangan bertumpu sama satu resource/kunci, cari sebanyak2nya :D

      • Ia mas , q jga dpt ny jwaban yg diacak , jd bingung hrus ngurutin jwaban dlu . Klo yg readliness soal cuma 10 sih gpp , gampang ngurutinnya , . Lha klo test Ms.word ato yg laen yg soalnya rta” di atas 30, bkin kpala pusing liat soal b.ing ny …. , hhhehehe :D
        Jd hrus ngurutin jwaban yg acak y mas , q kira jwbn ny sama smua n g pke ngurutin jwban yg acak”an , hehheheh :) ( Ngarep Banget)

    • kalo trik bikin cover letter banyak yah di google, tapi sebagian besar sih intinya :
      – gunakan kata2 sapaan yang ramah
      – jangan bertele2 dan sampaikan apa yg bisa anda lakukan terkait project yang anda bid
      – lampirkan contoh portfolio kalau ada
      mungkin itu yg saya tau, soalnya saya kurang jago juga kalo bikin cover letter. semoga bermanfaat :D

  16. postingan yang bagus mas Faiz…mas saya pengen daftar di odesk….ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan…saya memiliki keahlian dalam pemrograman VB.net..tap portofolio saya sedikit…yang ada cuman tugas akhir saya aja yg bisa dijadikan portofolio..kira2 menurut pendapat mas Faiz gimana yah ???terima kasih

  17. Salam kenal buat mas Faiz Al-Qurni,

    Saya Hendri, saya ingin menanyakan klo kita mendaftar sbg freelancer di odesk, saya mau ambil data entry, bgmn cara saya menentukan harganya?

    terima kasih
    wassalam

    • Salam kenal mas :)
      kalau menentukan harga awal sampean bisa cari contoh para data entry lain di odesk. gunakan fasilitas search contractor. pake keyword ‘data entry’. soalnya saya ngga berpengalaman di bidang itu hehe.

      • terima kasih atas informasinya, mas saya punya sedikit keahlian di bidang pemogramana seperti GIS (ARCGIS, MAPINFO) Delphi, VB, PHP, Oracle, MYSQL, serta sedikit pemograman Sencha, mohon bantuannya agar sedikit keahlian saya dapat membantu saya mendapatkan pekerjaan di Odesk atau membantu pekerjaan-pekerjaan mas.

        terima kasih

    • boleh, link fb/twitter dsb ada di menu ‘follow me’ diatas.
      kalau buku macem2 yah, tapi kalau mulai dari awal mending cari buku fundamental html/css untuk dasarnya. atau kalau browsing ebook malah lebih banyak, monggo googling atau cari di webdesigntuts, smashingmag, dll.

  18. mas, mw tanya, misalkan mas buat web desain, nah itukan pasti pake image kan? nah itu klo imagenya saya nyari di google boleh g? atau harus pake image hasil jepretan sendiri? kena pelanggaran hak cipta g , klo pake gambar nyari di internet?

  19. mas aku, udah diundang untuk interview, tetapi aku gak bisa menghubungi orangnya. apa karena belom ikut ujian oDesk Readiness quiz yah ?

  20. terima kasih mas jd banyak belajar dari posrting sama commenny.saya mau belajar odesk mas.mohon bantuannya ya.terima kasih.

    • setelah saya liat, profilenya sudah cukup bagus. deskripsi sama tes sudah oke. mungkin tinggal tambah skill2 yang lain (karena di profile sampean cuma ada 1 skill), terus upload portfolio (bisa bentuk gambar/file attachment). Kemudian bidding sebanyak2nya.

  21. menarik sekali bahasannya mas, saya jadi pengen coba odesk juga :D

    sebelumnya saya tanya mas , kalau desain web itu ntar yang dikerjakan cuman desain nya saja (.psd) atau juga dengan html dan css nya ya mas?

    thanks before :D

  22. aku masih bingung nih ngasih tawaran harga per paid perjamnya
    contoh si client punya budget $20, kira-kira kita ngasih tawarannya berapa ya? untuk per jam kerjanya? dan bayar uang mukanya berapa.
    terima kasih, saya baru daftar di odesk nih,,,,

  23. mas, aku udah daftar odesk tapi masih bingung nih sama sistem pembayaranya yang langsung lewat rekening bank n dapet potongan $3,99 per penarikan itu..
    apa setiap kita dapet gaji (semisal $8) langsung terkirim ke rekening n langsung terpotong $3,99?
    mohon pencerahanya mas.. masih awam banget nih aku..

  24. saya pernah mencoba odesk, terkendala payment ….sehingga sy meng-close odesk sy
    seperti yg sudah ms blg bs lngs msuk rek bank d indonesia, misal bri, nah bagaimana mengaktifknya, krn yg diminta kartu master card, smntara atm biasa sy prnh tidak terverifikasi…. apakah menghubungi bank untuk dialtifkn mastercardnya. mohon pencerahannya. terima kasih

      • untuk mas dika, kasih saran aja, kl utk payment, mendingan bikin paypal trs bikin kartu BNI utk verifikasi rekening paypalnya, karena utk verifikasi br bs pk payoneer n bni doang (ud nanya ke cs odesk, krn br bni yg bs generate VCN), registrasi phonebanking,and sms bankingnya, trs registrasi VCN (search di google ada artikelnya).yang ribet itu proses verifikasi paypalnya aj, kl ud terverifikasi ud enak d.
        dari odesk mas kirim dl ke paypal, biaya cm $1 perpenarikan, trs dr paypal kirim ke rekening bni kita, biaya cm 16000 kl penarikan dibawah 1.5 jt, kl diatas 1.5 jt ga ada biayanya.
        Saya sdh coba and berhasil, ga perlu biaya penarikan dr atm berkali2 smp berdolar2, cm ngabisin payment aj d kl gt.gudluck ya

        utk mas Faiz, salut d sama profilnya. Kereen perjam $30? Mantap banget.
        Karena skill pas2an,saya cuma bs terima job data entri kecil2an tp lumayanlah buat nambah uang belanja, hrs rajin kirim aplikasi aj, pasti ad yg nyangkut. Skrg ud mau 2x tarik payment @$150, sukses terus utk mas Faiz jg biar job tambh byk.

      • Mas faiz, sekarang pilihan untuk paymennya cuma ada paypal sama credit card masss.. gada untuk langsung masukan kode bank dan identitas norek. tolong di cek apa saya salah liat? atau emang sistemnya udah berubah :)

        Saya mau nanya sama Mba Ana, saya blm punya ATM BNI, kira2 apakah semua jenis tabungan bisa membantu memverifykasi akun paypal kita? contoh BNI program “Tabunganku”. mohon pencerahannya. Terimakasih :)

  25. Sis Nina, kemarin sih saya buka tabungan BNI biasa ga ada minta jenis2 tertentu tuh, cm dtg ke CS blg mo buka tabungan aj, setor 500rb saja sbgai setoran awal. Kl sis sdh punya kartu debit/atm bninya mungkin bisa kok, sdh registrasi phone banking n sms banking? Kl ragu bs ditanyakan ke cs BNI.

    Yang repot itu cuma registrasi VCNnya (kode kartu kredit virtual yg nanti dipakai utk verifiksi paypal), jadi nanti kalau Sis sdh buka tabungannya, minta sekalian registrasi phone banking and sms bankingnya, nanti kl sudah registrasi, sis tlp ke call center BNI minta dibukakan fitur VCNnya, bisa 2-3hari, kl kmrn pengalaman saya susah bgt buka fitur VCNnya, hrs sabar bolak balik tlp ke call center, mudah2an sis Nina gampang prosesnya. Nah kl sdh aktif viturnya, sis sdh bs sms ke 3346 ketik REG VCN 50000 – 50rb itu jumlah nominal uang kita yang mau kita bikin jd emoney, saya sih kmrn cuma reg 50 rb aj cukup kok, soalnya utk verifikasi nanti paypal akan debit dr situ sktr 2 dollar (20rban) – tapi uangnya ga ilang kok nanti akan dikreditkan lg ke rekening paypal sis, nah kalo ud ketik reg VCN nanti sis dikirimin sms utk konfirmasi password sms banking sis,stlh konfirmasi password, kita akan dikirimin kode VCN (16digit ky kode kartu kredit),exp date, and 3 angka securitynya (pokoknya semua info ky kartu kredit) nah angka2 ini yang akan kita masukin ke paypal untuk verifikasi kartu kredit kita, o iya utk tipe kartu kreditnya pilih mastercard (sesuai yg tertulis di atm BNI kita), untuk nomer2nya ambil dr kode VCN yang disms td. Kl sudah nanti Paypal akan debet sekitar $2 dr rekening sis. Nanti sis bs tlp ke call center tanyakan 4 digit kode yang ada di keterangan transaksi debit td. Biasanya formatnya berupa PP*xxxx – x ini 4 digit kode yang nanti diminta paypal buat verifikasi.

    Nanti kl ud terverifikasi, sis bs withdrawal ke rekening BNi yang sama jg, pakai nomer rek BNI juga. Saya sih begitu, jd ga perlu transfer kemana2 lg, rek BNI dipakai khusus utk terima duit dr Odesk, hehe :)

    Yap, demikian pengalaman saya, semoga berguna n paypal sis bisa cepat terverifikasi.

    • Mbak Anna, kalau gak salah VCN itu cuma bisa dipakai 1x dan 1 jam kan (cuma buat verivikasi paypal aja), nah nanti kalau mau narik dari odesk ke paypal dan dari paypal ke rek.BNI nya perlu aktifin VCN lagi atau tinggal langsung aja ya ?

      • Iya VCN cuma dipakai untuk verifikasi Paypal kita aja.
        Nanti kalau Paypalnya sudah verified, seterusnya untuk tarik uang/withdrawal ke rekening kita bisa langsung saja kok.
        Kita masukkan data2 rekening yang nanti kita mau pakai untuk withdrawal. Nama Bank, Kode Banknya, dll. Bisa bank mana saja sih seharusnya, tapi saya sih kemarin pakai BNI juga.
        Saya sudah beberapa kali tarik ke rek BNI dari Paypal, tidak perlu pakai apa2 lagi, hanya ada biaya saja kalau tariknya dibawah 1.5jt. 2-3 hari uang sampai di rekening kita. Semoga membantu.

  26. Wah.. saya juga lagi belajar ngo desk nih mas.. :) selain pengen nyari penghasilan tambahan, juga pengen tahu aja gimana sih berhadapan dengan klien2 luar negeri. Bidang saya di web programming.

  27. Wah… artikel yang bagus. Saya jadi semangat.
    Saya baru mulai di odesk, sedang melengkapi profile. Oh iya mau tanya, untuk scan KTP itu cuma bisa satu kali aja ya? gak bisa diganti lagi gitu?

  28. mas, mau tanya, dongg sya sudah 2 bulan di odesk , skills saya hanya di html dan css tapi saya masih belum dapat pekerjaan ,saya telah lebh 7 kali registrasi di odesk ?blh enggak mas dafatar lebih dari 1 kali mas di odesk??,………

  29. mas, saya masih smk kls 2 jurusan rekayasa perangkat lunak, tapi ilmunya masih gitu2 aja dari sekolah… pekerjaan yg paling mudah dibagian apa ya? mohon bantuannya mas, saya ingin nabung2 buat kuliah nanti.. terima kasih

  30. kepikiran join oDesk karena rekomendasi dari CS payoneer nyuruh menggunakan oDesk sebagai cara satu-satunya agar akun payoneer bisa unblock. agan pernah punya pengalaman sama barang kali seperti saya ketika login payoneer muncul konfirmasi “Account Blocked! (#MA104) Please contact customer support” atau agan-agan yang lain barangkali?

  31. mas saya masih pemula dalam upwork dan sedikit bingung maksud “Your proposal to the job “Logo/Branding for Mobile Travel App – Zvezo” was declined.
    ketika di klik di jobs ada tulisan “You have already applied to this job” ? ini apakah pemberi kerja menerima penawaran saya, dan saya posisinya lagi off dan saya tidak memberi tanggapan, sehingga pemberi kerja ini membatalkanya ?

    bisa di bantu mas ?
    terima kasih :)

  32. salam kenal mas, aq add skype nya ya.boleh kan nti tnya2 ttg design…pngen blajar jdi web design, ui/ux designer. :)

  33. Halo mas Faiz. Salam kenal.
    Saya mau tanya. Diatas dijelaskan bahwa cara meyakinkan employer agar menghire kita adalah menunjukkan portofolio. Nah bagaimana kalau kita sebelumnya belum memiliki pengelaman kerja apapun? Apa yg akan kita tampilkan di portofolio. Saya seorang mahasiswa S1 semester 2. Ingin coba2 freelancing tapi langsung drop/minder saat harus melampirkan portofolio.
    Terima kasih.

    • Sama, ketika awal2 freelance dulu aku juga ga punya portfolio. Untuk mengakalinya, kita bikin aja project2 iseng, entah desain entah coding. Sebanyak mungkin, selain mengasah skill juga bisa dipajang sebagai portfolio sementara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s